Wednesday, April 11, 2012

Iwan Fals Menerjemahkan Lagu Tergila-Gila


Iwan Fals menangkap banyak hal yang bisa disampaikan di lagu Tergila-Gila. lagu yang sebenarnya sederhana dan tentang cinta ini menjadi lebih luas dan universal ketika dijelaskan oleh Iwan.

"Ini awalnya jatuh cintanya Azi (vokalis Blackout), tentang perempuan cantik, kemudian Tuhan adalah segala-galanya. Saya menangkapnya ini ada unsur alam, unsur Tuhan dan manusia lain. Rupanya unsur itu ada di kita. Bagaimana mau menggambarkan cinta dan keindahan kalau tidak ada unsur Tuhan. Cantik itu apa sih kalau enggak ada unsur Tuhan," papar Iwan Fals.

Iwan Fals menambahkan bahwa lagu ini bisa mengingatkan dirinya serta orang-orang lain bahwa mereka tak hidup sendiri. Lagu ini menurut Iwan sangat pas dengan isu akan toleransi yang terjadi di Indonesia yang tengah bergejolak.

"Ini semata karena kebutuhan saja karena manusia sudah mulai melupakan alam, dan kabar terakhir adalah penguasa yang membantai rakyatnya. Pesisir kita juga sudah mulai naik permukaan airnya. Cikeusik juga gimana orang dibantai dengan teriak Allahu Akbar. Tapi mungkin dengan sentuhan Azizi dan Blackout mungkin ada tawaran yang tidak perlu membantai rakyatnya," terang Iwan.

Azizi juga setuju dengan apa yang dijabarkan oleh Iwan Fals. Menurutnya beberapa bait liriknya jika ditilik lebih dalam sangat berkorelasi.

"Dari kata-kata di mana pun aku ada dimana mana pun kamu ada. Ya itu berhubungan," ujar Azizi.Tautan

Lebih lanjut Iwan mengatakan bahwa dia mempunyai kewajiban menyampaikan apa yang ia rasakan tanpa menghilangkan pemikiran awalnya. Menurut Iwan ada beberapa part yang tak boleh dihilangkan.

"Cintanya Azizi tentang keindahan perempuan itu jangan hilang, itu harus tetap ada. Dan alhamdulillah banget kalau lagu itu bisa ditafsirkan macam-macam. Satu kesatuan Ketuhanan itu enggak bisa lepas. Gimana kita mau ngomong indah cantik, apa itu? Mungkin mikroskop enggak bisa nangkap, makanya ada jutaan lagu cinta. Ini kesempatan saya buat menangkap," tukasnya.


Sumber : kapanlagi.com

0 comments:

Post a Comment