Wednesday, April 11, 2012

Pesan WS Rendra Sebelum Meninggal kepada Kantata Barock


Sebelum terbentuk dengan nama Kantata Barock, almarhum WS Rendra pernah meminta teman-teman membentuk kembali Kantata dengan nama Kantata Samudra. Kemudian Iwan menulis lagu yang berjudul Ombak.

“WS Rendra pernah berpesan kepada kami untuk membuat Kantata lagi namanya Kantata Samudra, kami latihan di bengkel teater, dan Rendra pernah berpesan untuk jaga laut kita,” ucap seorang pentolan grup musik Kantata Barock, Iwan Virgiawan Listanto alias Iwan Fals, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Lantaran menurut Iwan, Indonesia dari Sabang sampai Merauke dikelilingi lautan yang terbentang luas. Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang begitu luas dan harus dijaga bangsa Indonesia.

“Saya jadi bingung ikan kita kan berlimpah, tapi kenapa harga ikan mahal. Lalu kalau harga ikan mahal, ‘kan seharusnya para nelayan kita kan kaya ya, tapi kok kenapa miskin ya?” singgung Iwan.

Iwan juga menjelaskan, sebetulnya laut memberikan oksigen lebih banyak dan yang kedua oleh hutan. Disebutkan pula aksi panggung bersama Setiawan Djody dan Sawung Jabo itu merupakan sebuah penghargaan bagi sahabatnya, yakni almarhum WS Rendra. Penyair dan budayawan itu juga pernah tergabung dalam Kantata Takwa dalam perjuangannya selama menyuarakan keadilan.

“Setelah 21 tahun akhirnya kita berkumpul lagi disini, dan ini merupakan penghargaan untuk sahabat kita WS Rendra,” pungkas pria yang memiliki penggemar OI Fals Mania ini.

5 comments: